Bimahfud Indranata 22 IXE

Foto saya
Mataram Tengah, Center Java, Indonesia
If you want to know more about me, i88_haha@yahoo.com

PKS


PKS

PKS atau Patroli Keamanan Sekolah adalah sebuah organisasi di SMP Negeri 2 Klaten yang bergerak di bidang kepolisian dan PBB. PKS Espero juga bekerja sama dengan POLRES Kab. Klaten untuk bidang hukum Lalulintas sedangkan untuk pelatihan PBB, PKS bekerja sama dengan KODIM 0732.

PKS Espero bertujuan untuk melatih sikap kepemimpinan pada anggotanya supaya mampu bersaing di era global. Hal ini sangat penting supaya mereka mampu beradaptasi dengan masyarakat. Beberapa sikap kepemimpinan yang diajarkan adalah disiplin, tanggung jawab, dan berani.

Disiplin adalah salah satu sikap yang dapat membuat masyarakat khususnya remaja mudah mencapai cita-cita yaitu dengan mematuhi suatu aturan yang telah dibuat. PKS Espero melatih kedisiplinan dengan cara menuntut anggotanya agar datang tepat waktu dan memberi pengertian tentang manfaat disiplin.

Tanggung jawab merupakan sikap pemimpin yang mampu menanggung konsekuensi dalam suatu perbuatannya. Di sini mereka di ajarkan tanggung jawab dengan cara mendapatkan konsekuensi bila melakukan kesalahan. Konsekuensi bukan hukuman fisik melainkan hukuman yang mampu merubah mereka menuju sikap tanggung jawab.

Berani dalam hal ini bukan berarti berani dalam hal negatif melainkan berani dalam mengambil keputusan dan memperjuangkan hak. Dalam kegiatan PKS Espero mereka dilatih untuk berani memimpin teman-temannya.

PKS Espero memiliki tugas untuk menjaga keamanan sekolah. Ada berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut antara lain:

a. Mengamankan jalanya upacara bendera. Menghentikan kendaraan di luar sekolah agar dapat menghormati pengibaran bendera.

b. Menyeberangkan siswa-siswi melewati jalan raya.

c. Mengawasi kegiatan gerak jalan yang rutin dilakukan warga SMP N 2 Klaten setiap bulan.

d. Mengadakan razia bersama OSIS dan BK terhadap NARKOBA, Benda Tajam, dan Hal yang dilarang untuk anak Remaja.

Seorang siswa PKS Espero wajib mengenakan seragam PKS. Seragam ini sama seperti milik polisi hanya berbeda bahan supaya bisa dibeli oleh anggota SMP N 2 Klaten. Perangkat dari seragam ini bermacam-macam yaitu:

- Topi Polisi : Sebagai pelindung kepala.

- Serempang : Sabuk putih yang mengelilingi pinggang dan melilit sebelah kiri badan.

- Mangset : Bercorak lorek yang dikenakan di atas pergelangan tangan.

- Peluit : Peluit dengan tali putih yang dikenakan di sebelah kiri tubuh.

Semua peralatan tersebut WAJIB digunakan saat melakukan tugas karena itu dapat sebagai identitas.

Kegiatan ekstrakulikuler PKS dilaksanakan di SMP N 2 Klaten bagian Pusat(Jl. Pemuda Selatan No. 4 Klaten). Kegiatan di sana hanya kegiatan dalam ruang namun bila memasuki waktu pengajaran PBB, semua anggota berpindah menuju halaman depan SMP N 2 Klaten. Terkadang juga kegiatan baris-berbaris itu dilakukan di KODIM 0732.

Isi dari kegiatan PKS Espero antara lain Lantas, Peraturan UU tentang remaja, dan baris-berbaris. Lantas yaitu tentang peraturan lalulintas dan rambu-rambunya. UU tentang remaja ialah tentang hukum untuk mengatur perilaku remaja supaya dapat dikendalikan. Baris-berbaris intinya adalah suatu gerakan yang harmonis dalam satu atau beberapa orang berdasarakan aba-aba pemimpin.

Organisasi PKS Espero merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Contohnya saja banyak anggota PKS yang mampu aktif dalam berorganisasi ataupun ekstrakulikuler seperti Pramuka, PBB, OSIS, Basket, Drum band, KIR, dll. Mereka semua selalu ambil bagian di dalam susunan Pengurus Harian organisasi tersebut dan mewakili lomba-lomba.

Keunggulan lain PKS Espero dari PKS lainnya adalah saat mengenakan seragam yang hampir menyeruapi seorang polisi. Hal itu karena seragam, PKS Espero menggunakan warna dan bentuk baju yang mirip seragam Polisi. Jadi jika sedang bertugas kendaraan yang melintas akan lebih berhati-hati. PKS Espero juga mempunyai kelebihan yaitu berjiwa sosialis tinggi karena mereka bertugas untuk mengurangi kecelakaan saat bertugas.

0 komentar:

Posting Komentar

Trust Me

Search

Powered By Blogger

Apa Yang Harus Saya Perbaiki Di Blog Saya?